Monday, March 6, 2023

Contoh pendahuluan dan kata pengantar Penilaian Tengah Semester

 


PENILAIAN TENGAH SEMESTER

SMA/ MTs RAUDLATUL ULUM

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

A.    PENDAHULUAN

 

Sebuah kegiatan yang pasti dilaksanakan dalam sebuah lembaga pendidikan. Baik lembaga pendidikan negeri maupun swasta, pada intinya semua lembaga pendidikan. Dimulai dari jenjang yang paling rendah Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai perguruan tinggi, semua melaksanakan kegiatan ini.

PTS adalah sebuah singkatan dari Penilaian Tengah Semester. Kegiatan yang dilaksanakan pada  setiap minggu ke-8 atau ke-9 dalam setiap kali semester pada setiap tahunnya.  Fungsi dari PTS ini ialah sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar seluruh siswa selama setengah semester. Guru akan mengetahui sejauh mana daya serap siswa dalam menerima pelajaran yang telah diajarkan.  Jika hasil dari PTS kurang memuaskan maka sebagai tenaga pengajar tentunya akan mengambil langkah postif dalam pembelajaran kedepannya, bisa dengan cara mengganti metode pembelajaran ataupun langkah yang lainnya.

Materi yang akan diujikan pada Penilaian Tengah Semester mengenai kompetensi dasar dari masing-masing siswa sesuai mata pelajaran yang ada. Selain itu, Penilaian Tengah Semester (PTS) sendiri memiliki beberapa fungsi dan tujuan.

 

B.     TUJUAN

 

Tujuan dari Penilaian Tengah Semester (PTS)

1.    Untuk mengukur hasil pembelajaran bagi seluruh peserta didik selama tiga bulan pertama.

2.    Untuk mengetahui apakah materi pelajaran yang diajarkan para guru pada setiap mata pelajaran selama setengah semester melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah mampu dipahami  dan diserap oleh seluruh peserta didik.

3.    Sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan seorang guru terhadap peserta didik. Sebagai sarana pendorong motivasi belajar untuk peserta didik

 

C.     MANFAAT DAN FUNGSI

 

Fungsi dari  Penilaian Tengah Semester

1.    Sebagai pendorong peningkatan mutu belajar.

2.    Bentuk evaluasi tengah semester bagi para guru terhadapa anak didiknya.

3.    Sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara global

 

 

 


 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga panitia dapat menyelesaikan tugas melaksanakan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS). Sholawat serta salam selalu tercurah kepada Baginda Nabi Rosululloh SAW yang selalu kita rindukan, cinta yang terdalam.

 

Adapun tujuan dari Penilaian Tengah Semester (PTS) ini ialah sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar seluruh siswa selama setengah semester. Guru akan mengetahui sejauh mana daya serap siswa dalam menerima pelajaran yang telah diajarkan.  Jika hasil dari PTS kurang memuaskan maka sebagai tenaga pengajar tentunya akan mengambil langkah postif dalam pembelajaran kedepannya, bisa dengan cara mengganti metode pembelajaran ataupun langkah yang lainnya

Panitia mengucapkan terima kasih kepada Sekolah dan Kepala Madrasah Raudlatul Ulum yang telah memberikan dan mendukung tugas ini sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua dewan Guru yang telah berpartisipasi dalam pembuatan soal terlibat dalam mengawasi jalannya kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS), terima kasih atas bantuannya sehingga sehingga panitia dapat menyelesaikan tugas ini.

 

Kemudian, panitia menyadari bahwa tugas yang panitia laksanakan tentu jauh dari kata sempurna, perlunya evaluasi untuk perbaikan di masa yang akan datang sehingga tercapainya tujuan dalam membentuk generasi penerus bangsa yang baik ilmiah dan akhlakul karimah. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun panitia butuhkan demi kesempurnaan kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS)

 

 

Ketua Pelaksana

Penilaian Tengah Semester 2022/2023

 

 

 

 

HERMAWAN YULIANTO, S. Pd

No comments:

Post a Comment

Contoh surat pemberitahuan PTS

 Contoh surat pemberitahuan PTS مؤسسة الّتربية السلامية روضة العلوم                      YAYASAN RAUDLATUL ‘ULUM GUHA                   ...